Cara Melihat Harga Saham dengan Mudah dan Praktis bagi Pemula

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Cara Melihat Harga Saham dengan Mudah dan Praktis bagi Pemula

Ada banyak hal yang perlu dipahami bagi kamu yang baru pertama kali mencoba investasi atau trading saham. Salah satunya adalah tentang bagaimana cara melihat harga saham yang mudah dimengerti oleh pemula.

Jika kamu memang berniat menjadi seorang investor atau trader saham, memang perlu banget tahu cara melihat saham, karena mustahil untuk membeli tanpa mengetahui harganya terlebih dahulu. Selain itu, dalam pembelian saham, setelah mengetahui harganya, juga diperlukan analisis untuk memastikan apakah saham tersebut memang layak dibeli atau tidak, demi menghindari kerugian dan mengelola risiko dengan baik.

Saat ini, cara melihat saham paling mudah dan praktis adalah melalui IDX. IDX, atau Bursa Efek Indonesia (BEI), merupakan pusat perdagangan tempat semua transaksi jual beli saham berlangsung. Dengan statusnya sebagai pusat tempat transaksi saham, IDX menyediakan informasi yang jelas dan terperinci mengenai semua harga saham yang dibutuhkan oleh para investor maupun masyarakat umum.

Nah, menghadapi berbagai tabel dan grafik, bisa jadi akan sedikit membingungkan bagi kamu yang baru saja mulai mencoba investasi atau trading saham. Tapi, jangan khawatir. Ada banyak jalan ke Roma, begitu pun ada banyak cara melihat harga saham. Kamu bisa pilih yang paling terasa mudah untukmu.

Mari kita cek satu per satu!

1. Cara melihat saham melalui IDX

Cara Melihat Harga Saham: IDX

Berikut cara melihat saham melalui IDX.

  • Buka situs IDX atau Bursa Efek Indonesia
  • Pilih Data Pasar lalu ke Ringkasan Saham
  • Pilih bagian “kode saham”, “tertinggi”, “terendah”, “penutupan”, dan “sebelumnya”.

Setelah itu, akan muncul daftar saham sesuai filter yang sudah kamu pilih. Sebenarnya, kalau untuk ikhtisar saham, kamu bisa langsung lihat di bagian home-nya kok. Langsung terpampang di depan mata, begitu websitenya dibuka.

2. Cara melihat saham melalui Google

Tidak diragukan lagi bahwa Google adalah sebuah penemuan yang jenius. Kita bisa mencari data apa saja melalui mesin pencari satu ini. Salah satu kalau kita pengin tahu cara melihat saham yang paling mudah, ya bisa lewat Google.

Cara melihat saham melalui Google bisa dibilang adalah cara paling praktis dan tentunya gratis. Kekurangannya adalah kamu hanya bisa melihat satu per satu indeks saham. Maksudnya, data yang diberikan oleh Google adalah data yang mendetail untuk satu kode saham, bukan berbentuk tabel dari kumpulan beberapa saham.

Bisa sih, kalau kamu mau melihat Indeks Harga Saham Gabungan untuk hari itu. Tetapi, kalau kamu pengin melihat performa masing-masing saham, berikut caranya.

Cara Melihat Harga Saham: Google
  • Ketik keyword/kata kunci saham yang ingin kamu cari tahu (misalnya saham BBCA).
  • Google akan menampilkan informasi lengkap saham BBCA pada halaman teratas.
  • Histori harga saham BBCA yang cukup lengkap pun tertera dengan jelas.

3. Cara melihat saham melalui Yahoo Finance

Pada Yahoo Finance, kamu bisa melihat informasi mengenai saham dengan sangat lengkap. Mulai dari jumlah saham sampai ke harga saham penutupan. Caranya adalah seperti berikut:

Cara Melihat Harga Saham: Yahoo Finance
  • Buka Yahoo Finance
  • Klik kode saham yang ingin dicari dengan disertai .JK. Misalnya, kamu ingin mencari tahu harga saham BBCA, maka masukkan keyword BBCA.JK di kolom pencarian keyword.
  • Kemudian data saham BBCA akan terbuka.
  • Pilih opsi 1D, 5D, 1M, YTD, 1Y hingga seterusnya bila kamu ingin melihat data dengan grafik berdasarkan harian bulanan atau tahunan.
  • Data lain juga tersedia cukup lengkap, meliputi PER, EPS, dan sebagainya.

4. Cara melihat saham melalui aplikasi Stockbit

Cara Melihat Harga Saham: Stockbit

Stockbit adalah salah satu aplikasi trading saham yang tersedia di Play Store atau App Store. Dengan Stockbit, bukan hanya kamu bisa melihat saham dan trading saham, kamu juga bisa ikut dalam komunitas trader. Hal ini disebabkan karena Stockbit menyediakan fitur sharing dan chatting.

Dengan menjadikan aplikasinya semi-media sosial, maka Stockbit menjadi sebuah tempat yang tepat untuk memperdalam informasi mengenai saham bagi kamu yang masih pemula. Di sini, kamu bisa bertukar ilmu dengan para trader lainnya. Kamu juga jadi memiliki teman diskusi untuk membahas segala sesuatunya di dunia investasi.

Aplikasi Stockbit juga menyediakan InsiderNews. Fitur ini berguna untuk bisa mengetahui aksi apa yang dilakukan oleh investor atau trader kawakan Indonesia dalam berinvestasi. Aksi mereka ini bisa menjadi referensi kamu untuk memutuskan aktivitas investasi apa yang ingin kamu lakukan.

Semua hal ini bisa kamu lakukan dengan mengunduh aplikasinya dan mendaftarkan diri terlebih dahulu di Stockbit.

5. Cara melihat saham melalui aplikasi RTI Business

Cara Melihat Harga Saham: RTO Business

Aplikasi trading saham lainnya yang bisa digunakan untuk mengetahui cara melihat saham adalah RTI Business. Aplikasi ini andalan para trader nih. Jadi nggak ada salahnya kamu berkenalan sejak awal.

Bukan hanya bisa melihat harga saham, dengan aplikasi ini kamu bahkan bisa belajar menganalisis performa perusahaan serta melihat harga saham terbarunya.

Caranya adalah:

  • Download dan buka aplikasi RTI Business di App Store atau Play Store. Sign up kalau kamu belum punya akun. Kalau sudah punya, tinggal login saja.
  • Klik menu Search.
  • Masukkan kode saham yang ingin dilihat harganya.
  • Klik enter.
  • Harga saham yang kamu cari akan ditampilkan.

IHSG juga akan langsung ditampilkan, begitu kamu membuka aplikasinya, lengkap dengan semua data-data pendukungnya.

Itu tadi beberapa cara melihat harga saham yang cukup mudah, terutama bagi kamu yang masih pemula di dunia investasi ini. Praktis dan tidak membingungkan juga kan?

Rutin melihat harga saham dan belajar menganalisisnya akan membuat wawasanmu dalam dunia saham ini semakin bertambah dan secara otomatis mengurangi risiko kerugian yang bisa kamu alami. Selamat mencoba.

Bagikan Via

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp