Ini Dia 8 Ciri Investor Saham Sukses – Kamu Punya Nggak?

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ini Dia 8 Ciri Investor Saham Sukses - Kamu Punya Nggak?

Jadi investor saham sukses sungguh menggiurkan. Namun, untuk bisa berada di posisi ini, kamu akan melewati serangkaian proses yang tak mudah.

Untuk sekelas investor saham terkaya di Indonesia, seperti Lee Kheng Hong, Boy Thohir, ataupun investor legendaris seperti Warren Buffett dan Peter Lynch saja memiliki kisah yang kelam sebelum menuai sukses. Mereka mengalami kehilangan uang dalam jumlah yang tidak sedikit, berutang hingga ada yang mesti ‘menelan’ pil pahit berupa kegagalan total menjadi warna dalam cerita sukses mereka.

Bagi kamu yang sekarang ini tengah merintis karier sebagai investor saham, memang disarankan untuk banyak-banyak belajar dari kegagalan yang dialami oleh para investor saham sukses di atas. Nantinya, kamu akan mengetahui strategi dan taktik investasi saham yang mereka lakukan untuk meraup keuntungan. Dari mereka pun, kamu bisa tahu ciri-ciri investor saham sukses.

Apa saja ciri-ciri investor saham sukses? Berikut ini ulasannya.

Sukses Besar! Berikut 10 Tokoh Investor Saham Terkaya di Dunia

Ciri-ciri Investor Saham Sukses

Suka Membaca

Membaca adalah jendela ilmu pengetahuan. Dengan membaca, secara langsung kamu akan memperoleh berbagai pengetahuan yang belum pernah kamu dapatkan sebelumnya.

Seorang investor itu WAJIB untuk rajin membaca. Karena ini merupakan bentuk ‘investasi diri seniri’ jangka panjang apabila ingin menjadi investor saham sukses.

Referensi bacaan bisa kamu dapatkan secara digital berupa artikel-artikel, postingan di media sosial maupun video di YouTube. Jangan lupa untuk mengimbanginya dengan buku khusus investasi saham agar pengetahuan semakin terasah.

Semakin banyak membaca maka semakin banyak pula pengetahuan dan ini akan menambah skill kamu di bidang investasi saham.

Pintar Berstrategi

Strategi investasi saham juga sangat berguna untuk jangka panjang. Ya, investasi saham merupakan jenis instrumen dengan periode jangka panjang. Kalau kamu tidak pintar memiliki strategi, alih-alih untung malah buntung.

Tujuan dari strategi investasi adalah meminimalkan risiko yang akan terjadi untuk mendapatkan keuntungan. Kamu bisa memulai dengan mempelajari analisis teknikal dan fundamental sebagai dasar dalam membuat strategi.

Investor Saham Pemula, Berikut Ini Beberapa Istilah di Pasar Modal yang Perlu Kamu tahu

Disiplin

Mengutip kalimat dari Warren Buffet, “Dua aturanku dalam melakukan investasi adalah yang pertama tidak pernah kehilangan uang dan yang kedua adalah tidak pernah lupa dengan aturan pertama.”

Maksudnya adalah, sebagai investor saham, kita mesti bisa disiplin dalam mengelola keuangan.  Pastikan menggunakan uang dingin ketika melakukan investasi saham, jangan sampai mengganggu pos-pos pengeluaran rutin rumah tangga dan pos penting lainnya.

Disiplin dalam mengelola pengeluaran juga penting untuk bisa menuju investor saham sukses. Bedakan yang mana kebutuhan dan keinginan. Dan juga disiplin dalam menyisihkan uang tiap bulannya ke investasi saham.

Bijak mengelola hasil investasi

Investasi saham dikenal sebagai instrumen yang high risk, high return. Ketika kita memperoleh keuntungan fantastis dari investasi saham, tentunya ada rasa bangga. Tapi, terkadang kebanggaan itulah yang akan menjerumuskan kita menjadi royal karena emosi terlalu menguasai.

Orang yang mapan secara finansial tidak selalu berarti orang yang bergelimang harta, tapi mereka yang mampu dan juga siap akan risiko keuangan terburuk.

Nah, untuk bisa siap menghadapi risiko terburuk, kamu harus lebih bijak dalam mengelola hasil investasi. Caranya? Dari keuntungan yang diperoleh, bisa kamu tambahkan dengan membeli saham lagi sehingga uangnya itu akan diputar terus ke investasi. Potensi keuntungan pun akan semakin besar.

Jangan lupa untuk memastikan bahwa kamu memiliki dana darurat dan asuransi yang memadai.

Trading Saham Pemula Harian, Ini Tip Buat Kamu

Sabar

Menjadi investor saham sukses, kamu mesti sabar dengan segala proses yang terjadi.

Jangan terlalu gegabah dalam membuat keputusan hanya karena ikut-ikutan apa yang lagi tren. Kamu perlu pertimbangan yang matang ketika memutuskan untuk membeli atau menjual saham. Jangan terlalu terburu-buru menjual ketika harga naik, atau panik ketika harga turun. Lakukan analisis terlebih dulu sebelum membuat keputusan.

Realistis

Perlu diingat bahwa investasi saham bukanlah cara pintas untuk auto sultan. Tapi, ini salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memperoleh kekayaan.

Untuk menjadi investor saham sukses, tidak bisa dilakukan dalam waktu semalam. Ada perjalanan waktu yang mesti kamu tempuh untuk mencapai tujuan keuangan.

Ini Dia 8 Ciri Investor Saham Sukses - Kamu Punya Nggak?

Hidup simpel

Siapa sih yang tidak pengin kaya? Rata-rata orang yang terjun ke investasi saham memiliki tujuan mendapatkan uang yang melimpah. Tidak ada yang salah akan hal itu.

Tapi, jangan sampai uang mengatur hidup kamu. Karena efeknya akan membawa kerugian keuangan. Cara terbaik untuk mengatasinya dengan hidup secara sederhana. Ini ‘rumus’ penting yang perlu diterapkan apabila kamu ingin menjadi investor saham yang sukses.

Kamu bisa mencontohi kehidupan Warren Buffett. Total kekayaan yang dia miliki sungguh luar biasa, tapi dia masih tetap tinggal di rumah yang sama; rumah yang dia beli puluhan tahun lalu setelah menikah. Walaupun beliau memiliki jet pribadi, tapi tidak pernah pamer.

Mau belajar dari kesalahan

Jalan menuju kesuksesan tidaklah mulus. Kamu akan menemui berbagai rintangan berupa kesalahan yang kerap dilakukan.

Apabila kamu melakukan kesalahan, jangan cepat patah semangat. Analisis kesalahan yang kamu lakukan dan buatlah strategi dari hal tersebut.

Seorang investor saham sukses pun melalui fase jatuh-bangun. Tapi, mereka mau berusaha untuk bangkit kembali setelah gagal. Hindari menjadikan kegagalan itu sebagai trauma. Namun jadikan kesalahan sebagai motivasi untuk pembelajaran hal baru dan jalan menuju sukses.

Demikian ciri-ciri investor saham sukses yang perlu diketahui. Ada cukup banyak juga ya, tapi tenang, semua pasti bisa kamu biasakan. Semua bisa melakukannya asalkan memiliki tekad kuat, semangat dan tidak pantang menyerah.

Bagikan Via

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp