Ini Dia Deretan Investor Saham Terkaya di Indonesia

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp

Mau jadi kaya dengan saham? Atau bebas finansial dengan berinvestasi di saham? Orang bisa saja memiliki berbagai tujuan keuangan dengan memanfaatkan instrumen saham.  Bahkan, sesimpel pengin jadi kayak Lo Kheng Hong, salah satu investor saham terkaya di Indonesia, gitu juga boleh.

Yes, saham dipercaya bisa melipatgandakan kekayaan. Dan, memang nggak salah sih tapi ada strategi dan berbagai analisis yang mesti kamu pelajari agar bisa meraup keuntungan yang signifikan, sehingga tujuan keuanganmu dapat tercapai. Begitu juga dengan para investor saham terkaya ini, yang telah membuktikan bahwa dengan instrumen saham, mereka berhasil mencapai tujuan keuangan.

Jadi, tak ada salahnya kalau kita tertarik membaca cerita dari para investor saham terkaya untuk mendapatkan ilmu akan strategi yang mereka lakukan hingga sukses. Untuk berada di posisi terkaya, para investor saham tersebut telah melalui serangkaian kegagalan demi kegagalan, hingga proses itulah membuat mereka jadi tangguh dan memiliki strategi yang mumpuni.

Beberapa investor saham terkaya di Indonesia berikut ini bisa kamu jadikan inspirasi untuk lebih terpacu dalam belajar saham lebih dalam lagi.

Inilah Deretan Investor Saham Terkaya di Indonesia

1. Lo Kheng Hong

investor saham terkaya di Indonesia - Lo Kheng Hong
Sumber: CNBC Indonesia

Pria paruh baya berusia 62 tahun ini, disebut sebagai Warren Buffet-nya Indonesia. Ini sebuah sebutan kehormatan karena beliau berhasil memiliki total saham senilai 2,5 triliun!

Jalannya menjadi investor saham terkaya di Indonesia tidaklah mudah. Beliau lahir dari keluarga yang sederhana. Setelah bekerja sebagai bankir di Bank Ekonomi selama tujuh belas tahun, akhirnya beliau memutuskan untuk berhenti dan memilih menggeluti dunia investasi saham full time.

2. Eka Tjipta Widjaja

investor saham terkaya di Indonesia - Eka Tjipta Widjaja
Sumber: CNBC Indonesia

Alm. Eka Tjipta Widjaja menutup umur di tahun 2019 silam di usia 97 tahun. Beliau merupakan pendiri Sinar Mas Group yang memiliki berbagai lini bisnis yang luar biasa hebat. Sebut saja perkebunan sawit, pabrik kertas, industri dasar dan kimia, bidang keuangan, pertambangan, properti, mall dan telekomunikasi.

Sinar Mas telah melantai di Bursa Efek Indonesia dan kamu bisa membeli sahamnya. Hingga menutup usia, alm. Eka Tjipta Widjaja memiliki total kekayaan senilai Rp 127 triliun.

3. Anthony Salim

investor saham terkaya di Indonesia - Anthony Salim
Sumber: Republika

Siapa yang tidak mengenal PT Indofood Sukses Makmur Tbk? Yakin semua masyarakat Indonesia sangat mengenal dan mengonsumsi produk-produknya, terutama Indomie.

PT Indofood Sukses Makmur Tbk merupakan perusahaan yang berada di bawah Salim Group milik Anthony Salim. Perusahaan-perusahaan yang bergerak di bawah bendera Salim Group memang rata-rata ada di bidang makanan. Dan PT Indofood Sukses Makmur Tbk, merupakan salah satu yang terbesar dan sudah cukup lama melantai di Bursa Efek Indonesia.

Anthony Salim pernah dinobatkan oleh majalah Globe Asia sebagai orang terkaya nomor tiga di Indonesia. Di tahun 2020 total kekayaannya mencapai $ 5,5 miliar USD.

4. Djoko Susanto

investor saham terkaya di Indonesia - Djoko Susanto
Sumber: Bisnis Tempo

Djoko Susanto adalah CEO Alfa Supermarket. Dia memulai bisnisnya di usia tujuh belas tahun. Usahanya adalah warung sederhana yang merupakan usaha keluarga di dalam pasar Arjuna sebuah pasar tradisional Jakarta.

Lalu, dia pun sukses mengelola usaha kecilnya itu. Ternyata keberhasilannya dilirik oleh taipan rokok Putera Sampoerna. Mereka berdua ketemu dan sepakat membuat usaha toko kecil sebanyak 15 cabang. Agar netral, usaha mereka dinamakan Alfa, inilah cikal bakal dari Alfamart.

Di tahun 2014, Forbes mengeluarkan daftar orang terkaya di Indonesia dan Djoko berada di urutan ke-27. Sekarang jaringan Alfa Supermarket telah memiliki kurang lebih 16.000 outlet, dan tersebar di seluruh Indonesia. Djoko Susanto memiliki total kekayaan sebesar $ 1,45 miliar USD.

5. Garibaldi Thohir

investor saham terkaya di Indonesia - Garibaldi Thohir
Sumber: Sukses78

Pria berusia 56 tahun ini akrab disapa Boy Thohir. Beliau adalah kakak dari menteri BUMN kabinet Indonesia Maju, Erick Thohir.

Boy Thohir adalah seorang pengusaha sekaligus juga salah satu investor saham terkaya di Indonesia. Beliau memiliki tambang batubara di bawah bendera Adaro Energy. FYI, Adaro Energy ini didirikannya bersama Theodore Permadi Rachmat dan Edwin Soeryadjaya. Di perusahaan ini, beliau menduduki posisi presiden direktur. Adaro Energy sudah melantai di Bursa Efek Indonesia.

Di tahun 2020, Forbes kembali merilis daftar orang terkaya di Indonesia dan Boy Thohir ada di peringkat ke-15. Total kekayaannya saat ini sebesar $ 1,65 miliar USD.

6. Theodore Permadi Rachmat

investor saham terkaya di Indonesia - TP Rachmat
Sumber: CNBC Indonesia

Pria berusia 77 tahun ini akrab disapa TP Rachmat. Beliau merupakan pengusaha yang memulai kiprahnya di Grup Astra. Ya, perusahaan ini didirikan oleh pamannya, Wiliam Soeryadjaya.

Awal mula, ia bekerja sebagai sales Grup Astra. Lalu di tahun 1972, ia dipercaya untuk mengelola United Tractors. Di Oktober 1998, TP Rachmat mendirikan Triputra Group yang bergerak di berbagai bidang.

Di tahun 2014, Forbes menempatkan TP Rachmat di urutan ke-14 orang terkaya di Indonesia. Hingga saat ini, total kekayaannya sebesar $ 1,6 miliar USD.

7. Dato Sri Tahir

investor saham terkaya di Indonesia - Dato Sri Tahir
Sumber: Warta Ekonomi

Dato Sri Tahir dikenal sebagai pengusaha sukses dan juta filantropis. Beliau adalah pendiri Mayapada Group. Adapun perusahaannya memiliki banyak unit usaha di Indonesia, mulai dari TV berbayar, perbankan, rumah sakit, media cetak, properti, sampai duty free shopping (DFS). Total kekayaan per Desember 2020 ada di angka $ 3,3 miliar USD.

Selain tujuh investor saham terkaya di Indonesia di atas, masih banyak lagi yang bisa kamu temui. Ini membuktikan bahwa investasi saham telah sukses membuat mereka meraih keuntungan besar.

Ingin seperti mereka? Jangan berhenti untuk terus belajar, berusaha, dan mulai menyisihkan uang ke investasi saham sekarang!

Bagikan Via

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp